Macam-macam Aplikasi Pengolah Kata

Posted by MTs Al Qomariah Rabu, 01 April 2020 0 komentar

Macam-macam Aplikasi Pengolah Kata

Sebelum mengolah kata, orang akan menuliskan dokumennya dengan tulisan tangan atau mesin tik. Program pengolah kata akan mempermudah pekerjaan kamu dalam membuat dokumen yang panjang dengan tampilan mengesankan.
Namun, kebanyakan orang saat ini hanya mengetahui beberapa saja aplikasi pengolah kata, sedangkan aplikasi pengolah kata banyak macamnya untuk kita gunakan. Maka dari itu saya akan menjelaskan sedikit tentang macam-macam aplikasi dari pengolah kata.
  1. Microsoft Word
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini. Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Office Publisher, Microsoft Office Access, dll. Dalam perkembangannya Microsoft Word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari Microsoft  Word 1998, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2013. Dengan perkembangan tersebut Microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar Microsoft Word lebih mudah untuk digunakan. Dengan Microsoft Word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain. Format file pada Microsoft Word adalah doc pada 2003 dan docx pada Microsoft Word terbaru. 
Tampilan Microsoft Word 2013
2. Star Office Writer
Program pengolah kata yang satu ini yaitu Star Office Writer merupakan program aplikasi yang bertugas untuk mengolah text tulisan yang biasa digunakan untuk mengetik sebuah text menjadi sebuah informasi dan aplikasi ini merupakan aplikasi yang tergolong multiplatform yang mana aplikasi ini dapat digunakan dan dioperasikan pada system operasi yang berbeda-beda seperti halnya dapat digunakan pada Windows, Unix, ataupun pada Linux.

Bukan hanya itu saja, Star Office Writer juga termasuk program aplikasi yang telah dirancang sedemikian rupa guna untuk mempermudah melakukan proses pengolahan kata juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga menambah kemudahan untuk menjalankannya, nah fasilitas yang ada di Star Office Writer itu berupa komponen yang mana dapat diatur sesuai kehendak user yang mengoperasikannya sehingga dapat digunakan untuk membuat suatu informasi ataupun kalimat yang pas sesuai dengan aturan-aturan yang dijalankan user.
Tampilan Star Office Writer
3. Open Office Writer
Open Office Writer adalah sebuah perangkat lunak/progam aplikasi yang dirancang khusus untuk keperluan pengolahan kata. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi ini kita dapat membuat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan lan sebagainya.

Hampir sama dengan Microsoft Word  bedanya Open Office Writer dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Lisensi), sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”. Sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat.

Tampilan OpenOffice.org Writer
4. Libre Office Writer
LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran besar seperti Microsoft Office atau OpenOffice.org dan tersedia dalam berbagai platform. Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta.

Nama pengembang dari Libre Office adalah The Document Foundation. Rilis perdana pada September 2010 dan rilis stabil 4.0.0 pada 7 Februari 2013. Bahasa pemograman padaLibreOffice adalah C++, dan Java. dapat diaplikasikan di System Operasi Windows, Linux, Mac OS. Jenis dari LibreOffice adalah Office Suites dengan lisensi GPL.

Tampilan LibreOffice Writer

5. Kingsoft Office WPS Android
WPS Office merupakan salah satu aplikasi mobile office terbaik yang bisa di-download untuk smartphone. Pertama kemunculannya aplikasi mobile office ini bernama Kingsoft Office dan kini di-upgrade dengan berbagai pembaharuan dan berganti nama menjadi WPS Office. Aplikasi buatan sebuah developer asal China bernama Kingsoft ini memang sangat populer di kawasan dunia bagian timur. Namun kini berkat para penggemar setianya, plikasi WPS Office perlahan-lahan mulai digemari oleh para pengguna smartphone di AS. 
Kemampuan yang dimilikinya menyerupai aplikasi mobile office kompetitor lain yang menawarkan berbagai tools yang akan membantu kita membuat dan mengedit dokumen, tabel dan bahan presentasi. Dan yang paling menarik adalah aplikasi WPS Office ini dapat diperoleh secara gratis dan tidak memerlukanaccount untuk menggunakan WPS Office cukup download dan langsung bisa digunakan. Hal ini yang membedakannya dengan Microsoft Office dan Google Drive yang membutuhkan account untuk log in.

Tampilan Kingsoft Office

6. Cloud Office (Google Docs)
Google Docs adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk kebutuhan file server. Khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah (menyimpan, membuat, meng-edit) program-program aplikasi perkantoran (seperti Microsoft Office jika di Windows, atau Open Office) secara online. Semuanya dalam satu aplikasi. Tapi perlu memiliki aplikasi office. Begitu dahsyatnya Google Docs, hingga beberapa kalangan menyebut Google Docs adalah pembunuh aplikasi office (Microsoft Office, Open Office, Neo Office dan sebagainya).

Tampilan Google Docs

7. AbiWord
  AbiWord adalah program pengolah kata yang mirip dengan Microsoft Word. Nama "Abiword" berasal dari bahasa Spanyol "abierto" yang berarti membuka. Sistem operasi yang mendukung AbiWord antara lain Windows, Linux, QNX, FreeBSD atau Solaris. AbiWord didesain untuk terintegrasi penuh dengan sistem operasi dimana ia dijalankan karena dapat memanfaatkan fungsionalitas yang disediakan oleh sistem, misalnya pemuatan gambar atau kemampuan pencetakan (print).


AbiWord mampu membaca dan menyimpan semua tipe dokumen standar dalam industri, seperti dokumen OpenOffice.org, Microsoft Word, WordPerfect, Rich Text Format, HTML, dan banyak lagi. Tersedia fasilitas advanced document layout options yang dapat membuat dokumen tampil profesional, saintifik, atau fun. AbiWord tersedia dalam banyak bahasa. Fasilitas pengecek ejaan menggunakan kamus yang tersedia dalam lebih dari 30 bahasa. AbiWord mendukung mode pengetikan dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atau campuran, sehingga bahasa-bahasa seperti Hebrew maupun Arab didukung oleh pengolah kata ini.
Tampilan AbiWord

8. Chi Writer
ChiWriter adalah editor teks ilmiah komersial untuk MS - DOS, yang diciptakan oleh Cay Horstmann pada tahun 1986. Itu salah satu yang pertama WYSIWYG editor yang bisa menulis rumus matematika, bahkan pada IBM PC XT komputer yang kemudian umum. Ide dasar dari ChiWriter adalah bahwa Anda dapat menambahkan baris di atas atau di bawah garis teks saat ini (dengan setengah dari ketinggian garis dasar), dan menulis teks di sana juga. Garis tambahan diperlakukan sebagai bagian dari garis teks asli. Hal ini dapat digunakan untuk membuat subscript dan superscripts, dan juga formula yang lebih kompleks seperti pecahan.


9. Lotus Word Pro
Lotus Word Pro merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh IBM. Kelebihannya: Dapat mempertukarkan file dokumen dengan MS Word, pengguna dapat mendiktekan secara langsung teks yang ingin diketik, dilengkapi fasilitas Helpful Menu Finder, dilengkapi fasilitas pengguna yang berhubungan dengn internet, kemampuan membuat file html.

Tampilan Lotus Word Pro


10. KWord
KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows, Linux dan MC.OS.
Tampilan KWord

DAFTAR PUSTAKA
Komputer Lamongan. 13 Desember 2014.
Info Komput3r.Blogspot.com. 15 Januari 2011.
Iskandar, Raffi. Pengertian Libre Office. 03 April 2013.
Sukma, Deny. WPS Office: Aplikasi Olah Dokumen Paling Komplit. 01 Oktober 2015.
Java Creativity. AbiWord-Sofware Pengolah Kata Pengganti Microsoft Word.
Mendrofa, T.S.P. ChiWriter. 16 November 2013.
Susanto, Heru. 10 Aplikasi Pengolah Kata. 01 April 2014.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Macam-macam Aplikasi Pengolah Kata
Ditulis oleh MTs Al Qomariah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsalqomariah.blogspot.com/2020/04/macam-macam-aplikasi-pengolah-kata.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of MTs Al Qomariah Gununghalu.