Sabtu, 02 Februari 2013
0
komentar
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak
dapat dipisahkan dari diri manusia. Manusia membutuhkan pendidikan dalam
kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan
potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau cara lain yang dikenal dan
diakui masayarakat.
Melalui pendidikan individu muslim diusahakan
agar tunduk, bertaqwa dan beribadat dengan baik kepada Alloh swt. Sehingga
memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
MTs Al Qomariah sebagai salah satu lembaga
pendidikan swasta, dalam kiprahnya menyelenggarakan pendidikan melalui proses
pembelajaran yang memadukan antara kajian yang bersifat keagaman dan umum.
MTs Al Qomariah sebagai salah satu lembaga
pendidikan Sekolah Tingkat Pertama yang berciri khas Agama Islam mempunyai
tanggung jawab untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk mewujudkan
manusia-manusia yang berakhlak mulia, sebagaimana termaktub dalam pasal 3
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, yakni: Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yangn beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Melalui pendidikan manusia akan meningkat
harkat martabatnya dan Alloh akan menganghkat derajatnya. Sebagaimana firman
Alloh: Alloh akan mengangkat orang-orang beriman diantara kamu dan
orang-orang yanng diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (QS 58:11)
MTs Al Qomariah sebagai salah satu lembaga
pendidikan swasta dalam kiprahnya turut membantu Pemerintah dalam meningkatkan
mutu pendidikan dan mensukseskan program wajib belajar pendidikan dasar 9
tahun. Kewajiban mencari ilmu sudah merupakan kewajiban bagi kita semua.
Sebagaimana sabda Rasululloh saw. Mencari ilmu itu kewajiban bagi setiap
muslim dan muslimat. MTs Al Qomariah berupaya untuk memfasilitasi
implementasi dari hadits tersebut.
Keberhasilan pengelolaan pendidikan dan
peningkatan mutu diantaranya ditunjang oleh manajerial yang baik. Oleh karena
itu penyususnan program kerja ini merupakan upaya ke arah sana.
B. Tujuan
Tujuan dari penyusunan program kerja ini
adalah:
1. Untuk
dijadikan pedoman dalam pengelolaan madrasah
2. Untuk
dijadikan instrumen dalam evaluasi pengelolaan madrasah.
C. Dasar
Yang menjadi dasar dalam penyusunan program
kerja ini adalah:
1
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
1. Undang-Undang
Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
2. Peraturan
Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar.
3. Keputusan
Mendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah
4. Surat
Keputusan Kepala Kanwil Depag Propinsi Jawa Barat tentang Petunjuk Pelaksanaan
Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2011/2012 di Jawa Barat.
BAB II
PROFIL
MADRASAH
. Visi dan
Misi Madrasah
a. Visi : Ungul dalam Mutu dan
Berakhlakulkarimah.
b.Misi :
1. Menumbuhkan
Semangat Keunggulan Secara Intensif Kepada Seluruh Warga
Madrasah
Seluruh Warga Madrasah.
2. Mewujudkan Madrasah Sebagai Wahana Pengembangan Ilmu Dan Teknologi
Serta Pembinaan
Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Alloh SWT.
c. Tujuan
Agar lulusan Madrasah menjadi manusia:
1. Beriman dan
bertaqwa kepada Alloh SWT
2. Berakhlakulkarimah
3. Sehat
4. Berilmu
5. Cakap
6. Kreatif
7. Mandiri
8. Beramal
saleh
A. IDENTITAS MADRASAH
Nama Lembaga
|
:
|
Madrasah Tsanawiyah Al Qomariah
|
|
Nama Kependekan
|
:
|
MTs Al Qomariah
|
|
Nomor Statistik Madrasah
|
:
|
121232170054
|
|
Alamat Madrasah
|
:
|
Kp. Cikabodas, RT/RW 01/01
|
|
|
Desa
|
:
|
Tamanjaya
|
|
Kecamatan
|
:
|
Gununghalu
|
|
Kabupaten
|
:
|
Bandung Barat
|
|
Propinsi
|
:
|
Jawa Barat
|
|
Kode Pos
|
:
|
40565
|
|
Telpon
|
:
|
(022) 6950724
|
|
Fax
|
:
|
-
|
Tahun Berdiri
|
:
|
06 September 1993
|
|
Nama
Yayasan Penyelenggara
|
:
|
Yayasan
Al Qomariah Bandung Barat
|
|
Status
|
:
|
Madrasah Swasta
|
|
Program
|
:
|
-
|
|
Waktu Belajar
|
:
|
Pukul. 07.00 s/d 14.30 WIB
|
|
Jumlah Tenaga Pendidik
|
:
|
20 Orang
|
|
Jumlah Tenaga Kependidikan
|
:
|
3 Orang
|
|
Jumlah Siswa
|
:
|
184 Orang
|
|
Rekening Madrasah
|
|
|
|
|
Nama Bank
|
:
|
Bank Rakyat Indonesia (BRI)
|
|
Unit
|
:
|
Gununghalu
|
|
Nomor Rekening
|
:
|
4117-01-006264-53-2
|
|
Atas Nama
|
:
|
MTs Al Qomariah
|
|
Bentuk Tabungan
|
:
|
Simpedes
|
Jenjang Akreditasi
|
:
|
Terakreditasi “B”
|
|
|
Surat Keputusan
|
:
|
Kepala
Kantor Wailayah Depag
Jawa
Barat
|
|
Nomor
|
:
|
C/KW/10.4/MA/049/2006
|
|
Tanggal
|
:
|
26 Oktober 2006
|
Nama Kepala Madrasah
|
:
|
Drs.Dian Cahyana
|
|
Telp / HP.
|
:
|
081809556963
|
|
Masuk Anggota KKM
|
:
|
MTs Celak Kab. Bandung Barat
|
|
Landasan Manajemen
|
:
|
Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
|
1. Data Siswa dan Rombongan Belajar
No
|
Kelas
|
Jumlah
|
Jumlah
Siswa
|
Jumah
Rombel
|
Keterangan
|
|
L
|
P
|
|||||
1
|
VII
|
34
|
41
|
75
|
2
|
|
2
|
VIII
|
31
|
39
|
70
|
2
|
|
3
|
IX
|
32
|
64
|
96
|
3
|
|
Jumlah
|
96
|
149
|
241
|
7
|
|
2.
Data Perolehan Nilai Ujian Nasional
No
|
Tahun Pelajaran
|
Presentasi Kelulusan
|
Nilai Rata-rata
|
1.
|
2006/2011
|
100 %
|
6,25
|
2.
|
2011/2011
|
100 %
|
6,50
|
3.
|
2011/2009
|
100 %
|
6,22
|
4.
|
2009/9010
|
100 %
|
6,67
|
5
|
2010/2011
|
100 %
|
6,72
|
6.
|
2011/2012
|
100 %
|
6,72
|
3. Data Sarana
a. Sarana Fisik Bangunan
No
|
Jenis
Bangunan
|
Jml s/d
TA 2009
|
Jml TA 2011
|
JML
|
Jml
Kebutuhan
|
Kekurangan
|
|
R. Baru
|
R. Rehab
|
||||||
1
|
R. Kelas
|
8
|
8
|
8
|
9
|
2
|
4 (R)
|
2
|
R. Kepala
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1(R)
|
3
|
R. Kantor
(TU)
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
4
|
R. Guru
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1(R)
|
5
|
R.
Laboraturium
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
6
|
R.
Perpustakaan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1(R)
|
7
|
R.
Komputer
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1(R)
|
8
|
R.
Serbaguna/ AULA
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1(R)
|
9
|
Toilet/WC
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
1(R)
|
10
|
R. Osis
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
11
|
R. UKS
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1(R)
|
12
|
Mushola
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
13
|
Kantin
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
b. Sarana Penunjang
No
|
Jenis Sarana
|
Jml s/d
TA 2011
|
Jml
TA 2011
|
Jml
|
Kondisi Fisik s/d TA 2011
|
Ket.
|
|
Baik
|
Rusak
|
||||||
1.
|
Komputer
|
8
|
5
|
5
|
4
|
1
|
|
2.
|
Printer
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
3.
|
Mesin TIK
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Manual
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
|
b.
Elektronik
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Meubel
Kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Kursi
Siswa
|
245
|
245
|
245
|
240
|
5
|
|
|
b. Kursi
Guru
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
|
|
c. Meja
Siswa
|
124
|
124
|
124
|
120
|
4
|
|
|
d. Meja
Guru
|
8
|
8
|
8
|
8
|
8
|
|
|
e. White
Board/Papan Tulis
|
-/3
|
-/3
|
-/3
|
-/3
|
-/3
|
|
|
f. Lemari
|
8
|
8
|
8
|
8
|
8
|
|
5.
|
Kendaraan
Dinas
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Roda
Dua
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
b. Roda
Empat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
c. Sarana Penunjang Bangunan |
No |
Jenis Alat/Perlengkapan |
Alat/Perlengkapanyang ada |
Kondisi Fisik |
Ket. |
1 |
Laboratorium:a. Fisikab. Kimiac. Biologid. Bahasae. Komputer |
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Ada tidak lengkap
|
-
-
-
-
Baik
|
|
2. |
Perpustakaan
a. Buku
Bacaan
b. Rak Buku
c. Ruang Baca
d. Komputer
e. Administrasi
Perpustakaan
|
Ada tidak
Lengkap
Ada tidak
Lengkap
Ada tidak
Lengkap
-
Ada tidak
Lengkap
|
Baik
Baik
Baik
-
Baik
|
|
3 |
Pendidikan Jasmani
|
Ada
Lengkap
Ada
Lengkap
Ada Tidak
Lengkap
|
Baik
Baik
Rusak
|
|
4 |
Kesenian
a. Drum Band
b. Kendang
Penca
c. Karawitan
|
Ada tidak
lengkap
Tidak ada
|
-
-
|
|
d. Sarana Penunjang lainnya
1)
Data Tanah
NO.
|
STATUS TANAH
|
LUAS
|
1
|
Tanah
Wakaf (dari KH. Olih Komarudin)
|
1.600 m2
|
2
|
HGP
|
4.400 m2
|
Jumlah
|
6.000 m2
|
2)
Lapangan
Upacara: Ada
a.
Luas
400 M2
b.
Jenis Lantai
Tanah
3)
Pemagaran :
ada
Jenis Pagar : Tembok, kayu dan Tanaman
4) Sumber Air : Sumber Air BOR
5) Sanitasi /Resapan : Baik
6) Penghijauan/Tanaman : Rindang Tertata Rapi
7) Tempat sampah : Ada dalam bentuk Plastik dimanasaja didepan kelas
4. Data Tenaga Pendidik dan Kependidikan
a.
Jumlah Guru
dan Tenaga Administrasi
No
|
Mata Pelajaran
|
Jumlah Guru Mata Pelajaran dan
Tenaga Administrasi
|
Jumlah Konpensasi GTT
|
||||||
NIP. 15
|
NIP. 13
|
GTT/
Honor
|
Jml. yang ada
|
Jml. Kebu
tuhan
|
Jml.Kekurangan
|
Layak
|
Tidak
Layak
|
||
1
|
Al Qur'an
dan Hadits
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
2
|
Aqidah dan
Akhlak
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
3
|
Fiqih
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
4
|
Sejarah
Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
5
|
Bahasa
Arab
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
6
|
Bahasa dan
Sastra Indonesia
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
-
|
V
|
|
7
|
Bahas
Inggris
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
-
|
V
|
|
8
|
Matematika
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
-
|
V
|
|
9
|
Pengetahuan
Alam
|
-
|
-
|
|
|
|
-
|
V
|
|
10
|
a.IPS
b.kewarganegaraan
|
|
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
|
V
V
|
|
11
|
Kesenian
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
12
|
Pendidikan
Jasnmani
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
13
|
Keterampilan/Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
V
|
|
14
|
Mulok
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
-
|
V
|
|
|
Jumlah
|
-
|
-
|
20
|
20
|
20
|
0
|
V
|
|
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:
Ditulis oleh MTs Al Qomariah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mtsalqomariah.blogspot.com/2013/02/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh MTs Al Qomariah
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar